Tips Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Permanen

...

Hewan apa yang semuanya di kepala, kakinya di kepala, tangannya di kepala ?, jawaban singkat teka-teki ini adalah Kutu Rambut. Tinggal di kepala manusia parasit kecil yang satu ini menghisap darah, dan dapat berpindah ke kepala manusia lainnya melalui berbagai cara.

Selain menghisap darah, hewan bernama ilmiah Pediculus humanus capitis ini juga bertelur di kepala. Telur kutu rambut umumnya terdapat di pangkal rambut, atau dekat dengan kulit kepala.

Kutu rambut betina mampu mengeluarkan sampai 6 telur dalam sehari. Telur kutu ini kemudian menetas dalam kurang lebih 8 hari.

Permasalahan rambut yang satu ini tidak hanya dialami pada kepala dengan rambut panjang, kutu rambut dapat menjangkit siapa saja dari ragam ras dan usia.

Untuknya, mengetahui berbagai faktor yang mampu memicu resiko seseorang mengalami kondisi ini adalah salah satu cara untuk mencegah serangan kutu di kepala anda.

*Mengalami salah satu atau seluruh gejala berikut ini tidak lantas dipastikan kutuan. Penularan sesama manusia adalah faktor utama terjangkit kutu rambut.

Penyebab umum rambut kutuan

  1. Usia, Kutu rambut lebih umum ditemukan pada usia awal pubertas. Hal ini disebabkan kontak fisik yang nyaris sulit diatasi pada usia anak-anak dan remaja.
  2. Jenis kelamin, Wanita cenderung lebih rentan kutuan dibanding laki-laki.
  3. Kontak fisik, sebagai mana sebab utama pada usia. Potensi tertular kutu rambut utamanya terjadi melalui persentuhan badan (khususnya kepala) dengan telah orang yang terjangkit.
  4. Tukar pakai barang-barang pribadi, selain kontak fisik seseorang juga mudah tertular kutu bila berbagi pakai benda-benda pribadi, seperti sisir, topi, perkakas rambut, baju, headphone, atau handuk dengan orang yang mungkin telah terinfeksi kutu.

Gejala rambut terjangkit kutu

Salah satu permasalahan umum dari terjadinya kondisi adalah rasa gatal di leher, kuping, dan kulit kepala. Alergi pada kulit kepala yang disebabkan liur kutu rambut ini adalah penyebabnya.

Gejala kepala telah ditinggali kutu rambut adalah rasa gatal ini, segera atasi dengan cara menghilangkan kutu rambut secara permanen berikut ini.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

Supaya tidak mengganggu kenyamanan karena rasa gatal yang dimunculkan dan rasa percaya diri, kutu rambut dan telurnya harus segera dibasmi. Berikut ini telah kami himpun 9 tips menghilangkan kutu rambut secara permanen;

#1 Gunakan sisir kutu/serit

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yang pertama adalah sisir rambut dengan sisir kutu, atau yang juga dukenal dengan nama sisir serit. Sisir jenis ini mudah ditemukan di toko kosmetik.

Pastikan sisir yang anda gunakan memilik kerapatan gigi sekitar 0,2 mm atau kurang. Semakin dekat jarak antar gigi pada sisir tersebut dapat lebih efektif menghilangkan kutu rambut beserta telurnya.

Basahi terlebih dahulu rambut sebelum menyisir rambut anda. Hal ini dapat memperlambat pergerakan kutu rambut di kepala. Rambut yang basah juga membuat kutu lebih mudah terlihat.

#2 Basahi kulit kepala dengan asam cuka

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya adalah dengan membasahi kepala dengan cuka. Sifat asam pada cuka mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kepala dengan cepat.

Penggunaan cuka sebagai alternatif cara menghilangkan kutu rambut adalah dengan mencampurkannya bersama minyak kelapa.

Oleskan campuran minyak kelapa dan cuka tersebut di kulit kepala, dan diamkan. Baiknya lakukan sebelum tidur, gunakan shower cap dan biarkan sampai pagi lalu keramas dengna shampoo.

#3 Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun untuk membasahi kulit kepala adalah cara lain menghilangkan kutu rambut.

Sebelumnya, keramaslah terlebih dahulu. Pastikan rambut anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum mengoleskan minyak zaitun.

Pijat lembut kulit kepala yang telah di olesi minyak zaitun lalu biarkan selama 5 sampai 6 jam. Kemudian tuntaskan dengan keramas menggunakan shampoo.

#4 Mayonnaise

Selain cuku dan minyak zaitun, mayonnaise juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif cara menghilangkan kutu rambut secara permanen.

Kurang lebih sama dengan 3 cara sebelumnya, oleskan merata mayonnaise di kulit kepala lalu diamkan 5 – 6 jam. Kemudian keramas menggunakan shampoo, tutup dengan sisir rambut menggunakan sisir serit.

#5 Perasan air Lemon

Sebagaimana cuka, buah lemon juga memiliki kandungan asam yang tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu rambut secara cepat.

Inilah cara menghilangkan kutu rambut dengan perasan air lemon:

  1. Potong 2 buah lemon, lalu peras agar mendapatkan airnya.
  2. Campurkan air perasan lemon tersebut dengan air sebanyak 100ml hingga merata.
  3. Teteskan campuran air perasan lemon tersebut di kulit kepala sembari pijit 5 – 10 menit.
  4. Diamkan 30 – 40 menit
  5. Tutup dengan keramas menggunakan air hangat.

#6 Obat Kumur

Obat kumur atau mouth wash nyatanya juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya, berikut caranya:

  1. Tuangkan obat kumur di telapak tangan secukupnya.
  2. Pijit lembut sembari Oleskan pada kulit kepala dengan merata.
  3. Biarkan selama 2 jam, tutup kepala dengan shower cap.
  4. Akhiri dengan Keramas menggunakan air bersih.

#7 Alkohol

Hindari cara menghilangkan kutu yang satu ini jika kulit kepala anda terdapat luka. Alkohol akan membuat luka terasa perih. Selain itu, untuk mencegah iritas kulit kepala, perawatan rambut yang satu ini baiknya dilakukan hanya sekali dalam seminggu.

Alkohol mengandung isoprofil, senyawa ini mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kepala. Hal ini menegaskan, bahwa diantara pemanfataan alkohol dengan kadar 70% lainnya adalah sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu dengan alkohol adalah dengan mengoleskannya sembari lakukan pemijitan secara merata di kulit kepala. Diamkan 20-30 menit, lalu gunakan sisir serit. Setelah kutu rambut berjatuhan, bersihkan dengan keramas menggunakan air dingin.

#8 Bawang putih

Cara alami menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara permanen adalah dengan menggunakan bawang putih.

Blender/giling 10 siung bawang putih sampai halus, campurkan dengan 3 sendok teh air perasan jeruk nipis lalu oleskan merata di kulit kepala. Diamkan selama 30 menit kemudian keramas hingga bersih.

#9 Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kutu yang satu ini adalah warisan leluhur asli Indonesia di beberapa daerah. Dahulu orang-orang tua di Indonesia menggunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut.

Terbukti, kandungan vitamin E di minyak kelapa mampu melembutkan dan menyehatkan rambut. Selain itu, asam lemak jenuh yang juga dikandung minyak kelapa jitu sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Hangatkan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan merata di kulit kepala dan rambut. Diamkan 5 sampai 6 jam lalu bersihkan dengan keramas menggunakan shampoo.

Tinggalkan Jejak